PELATIHAN Internal Audit (Satuan Pengawasan Internal Perhotelan)

TRAINING Internal Audit (Satuan Pengawasan Internal Perhotelan)

PELATIHAN Internal Audit (Satuan Pengawasan Internal Perhotelan)

Deskripsi PELATIHAN Internal Audit (Satuan Pengawasan Internal Perhotelan) :

PELATIHAN Internal Audit (Satuan Pengawasan Internal Perhotelan)Manajemen memerlukan informasi yang handal dan dukungan keahlian yang tepat dari pihak independen agas keputusan yang dibuatnya adalah yang paling efektif dan efisien bagi kepentingan perusahaan. Tidak terkecuali bagi manajemen perusahaan seperti industri perhotelan baik hotel bintang maupun hotel non bintang di Indonesia tentunya membutuhkan jaminan bahwa laporan yang digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis perhotelan tersebut telah tepat dan akurat oleh pihak internal perusahaan perhotelan yang independen. Pihak independen internal ini adalah internal auditor dengan sistem pengendalian internal perusahaan hotel yang berjalan dengan baik.

Auditor internal adalah auditor yang bekerja dalam perusahaan yang tugas pokoknya adalah menentukan apakah kebijakan dan prosedur yang ditetapkan oleh manajemen telah dipatuhi, menentukan baik tidaknya penjagaan terhadap kekayaan organisasi, menentukan efisiensi dan efektivitas prosedur kegiatan organisasi, serta menentukan kualitas informasi yang dihasilkan oleh berbagai bagian organisasi. Sementara Pengendalian intern adalah suatu proses dari aktivitas operasional organisasi dan merupakan bagian integral dari proses manajemen, seperti perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian.

Sejalan dengan konsep era globalisasi, maka sebagai konsekuensinya makin banyak masalah yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan dalam persaingan usaha yang semakin kompetitif dan kompleks tersebut. Keadaan ini menuntut para pimpinan atau manajemen perusahaan untuk dapat mengelola perusahaannya secara lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Hal ini membuat pimpinan tidak dapat lagi secara langsung mengawasi aktivitas perusahaan sehingga harus mendelegasikan sebagian tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang dipikulnya kepada pihak lain, yaitu auditor internal. Lebih lanjut pimpinan/manajemen dituntut untuk menerapkan pengendalian intern yang tentunya akan sangat berguna untuk mengamankan aset perusahaan. Variabel yang mempengaruhi efektivitas pengendalian intern adalah kualitas jasa auditor internal. Tugas seorang auditor internal adalah “menyelidiki dan menilai pengendalian intern dan efisiensi pelaksanaan fungsi berbagai unit organisasi”.

Sebuah daftar periksa audit adalah serangkaian prosedur atau langkah-langkah suatu internal audit ketika audit internal perusahaan. Prosedur ini sering menerjemahkan untuk audit sebagian terlepas dari perusahaan industri atau bisnis dan sektor. Internal audit (pemeriksaan internal) hotel dapat terjadi pada tingkat perusahaan atau waralaba. Banyak hotel menggunakan model waralaba di lingkungan bisnis. Hotel franchisor menggunakan audit untuk memastikan setiap waralaba beroperasi sesuai dengan standar peraturan dan prosedur standar operasi perusahaan. Hotel Audit Checklist terdiri Initial Meeting (rapat awal), Plan (perencanaan), Fieldwork (pekerjaan lapangan) dan Follow up (tindak lanjut).

Pertumbuhan ekonomi yang mulai menampakkan hasil positif sekarang ini haruslah dihadapi dengan kesiapan untuk “berubah” dan keberhasilan dalam proses perubahan itu sendiri menuntut kemampuan dalam mengadopsi nilai-nilai pengetahuan dan praktek-praktek bisnis baru yang berporos pada good governance. Dalam proses yang berlangsung secara cepat tersebut, posisi auditor internal sebagai pelindung asset perusahaan sangatlah strategis sehingga ia harus berada dan berperan dalam setiap tahap perubahan (baca: perkembangan) perusahaan.

Bagaimana seharusnya auditor internal berperan dan memposisikan dirinya dalam pertumbuhan perusahaan yang diperkirakan akan mengalami tingkat akselerasi tertinggi beberapa tahun ke depan ini? Berdasarkan identifikasi dan uraian tersebut, maka perlu dilakukan peningkatan kompetensi melalui pelatihan pembentukan fungsi dan peningkatan fungsi auditor internal perhotelan terhadap efektivitas pengendalian intern pada hotel berbintang dan non bintang di Indensia dalam usaha untuk meningkatkan kualitas informasi akuntansi hotel baik yang berbintang maupun non bintang.

Materi PELATIHAN Internal Audit (Satuan Pengawasan Internal Perhotelan) :

1. Terminology internal audit perhotelan
2. Professional Internal Audit Hotel
3. Hotel Corporate Governance
4. Internal Audit Service Hotel
5. Proses Audit Internal Hotel
6. Penilaian Resiko Hotel
7. Survey Pendahuluan Untuk Penugasan Audit Internal Hotel
8. Hotel Internal Audit Program
9. Pembuktian Internal Audit Hotel
10. Kertas Kerja Internal Audit (KKA) Hotel

Peserta PELATIHAN Internal Audit (Satuan Pengawasan Internal Perhotelan) :

Para pengambil keputusan (top management) perhotelan, Bagian Internal Audit Hotel, Bagian Keuangan Hotel, Bagian Pajak & administrasi hotel, praktisi hotel ,para pemerhati yang ingin mengetahui bagaimana internal audit perhotelan diaplikasikan.

Instructor

SURYA MARDI DOMINIC SE.,AK.,MM.,BAP (CAND.),DIP. IFR

Jadwal Training Tahun 2018 di Jogja Media Training :

  • 13-15 Februari 2018
  • 27-29 Maret 2018
  • 10-12 April 2018
  • 7-9 Mei 2018
  • 17-19 Juli 2018
  • 14-16 Agustus 2018
  • 18-20 September 2018
  • 16-18 Oktober 2018
  • 21-23 November 2018
  • 26-28 Desember 2018

Catatan : Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta.

Lokasi Pelatihan di Jogja Media Training :

  • Jakarta : Hotel Amaris Tendean (6.500.000 IDR / participant)
  • Yogyakarta : Hotel Dafam Malioboro (6.000.000 IDR / participant)
  • Bandung : Hotel Golden Flower (6.500.000 IDR / participant)
  • Bali : Hotel Ibis Kuta (7.500.000 IDR / participant)
  • Lombok : Hotel Jayakarta(7.500.000 IDR / participant)

Investasi Pelatihan tahun 2018 ini :

  1. Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call).
  2. Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Catatan : Apabila perusahaan membutuhkan paket In House Training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas Training di Jogja Media Training :

  1. FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara/Stasiun/Terminal)
  2. FREE Akomodasi Peserta ke tempat pelatihan .
  3. Module / Handout
  4. FREE Flashdisk
  5. Sertifikat
  6. FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
  7. Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
  8. 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
  9. FREE Souvenir Exclusive
  10. Training room full AC and Multimedia

Jogja Training

Jogja Training adalah portal informasi training di yogyakarta.