Pelatihan How to Make Grading System and The Validation

How to Make Grading System and The Validation Training

Deskripsi Pelatihan How to Make Grading System and The Validation

How to Make Grading System and The Validation

Grading system adalah salah satu cara untuk membuat compensation & benefit mempunyai hubungan dengan job description (job evaluation). Karena itulah banyak sistem ini berkembang mulai dari yang sederhana sampai yang canggih.

Metodenya cukup sederhana yakni melakukan job evaluation terhadap pekerjaan yang ada kemudian mengkonversikannya kedalam sistem poin (kuantifikasi) . Pada metode sederhana, dari poin ini kemudian dibuat range yang kemudian menghasilkan level yang ujung-ujungnya adalah grading system. Sedangkan pada metode yang canggih yang dikembangkan oleh para konsultan tidak jauh berbeda, hanya terdapat modifikasi saja disana sini.

Kasus yang sering terjadi dilapangan adalah bila pembuatannya mulai dari nol atau perusahaan pada tahap-tahap awal berdiri, berbagai perdebatan mungkin dapat dieliminir sedemikian rupa terutama ketika melakukan judgement, tapi bila perusahaan tersebut sudah stabil dan mapan maka perdebatan tersebut akan muncul disana-sini.

Disamping itu banyak sistem yang dikembangkan mengakibat terjadinya proses pemaksaan grade atau level kedalam level tertentu. Adalah suatu yang menyenangkan bila level atau grade kita naik dengan sistem grading yang dibuat karena otomatis akan menaikkan status dan gaji kita, tapi bagaimana bila ternyata status dan gaji kita dipaksa turun oleh sistem grading yang dibuat oleh managemen?, tentunya akan menjadikan masalah tersendiri.

Selama ini yang sering dilupakan dalam pembuatan Grading system adalah tidak diikutkannya data historis karyawan, baik itu jabatan, gaji, kenaikan gaji dari tahun ketahun karyawan. Akibatnya adalah proses pemaksaan golongan kedalam range tertentu sehingga terjadi kekacauan dalam system Compentation & Benefit serta demotivasi terhadap orang-orang yang dipaksa turun gradingnya.

Karena itulah perlu dilakukan validasi terhadap kondisi yang ada sehingga proses pemaksaan dan kekacauan serta demotivasi dapat dihindari sedemikian rupa. Hal inilah yang sering dilupakan oleh praktisi Compensation & Benefit sehingga sesuatu yang selama ini diabaikan ternyata membawa dampak yang luar biasa.

Metode Grading terbaru yang dikembangkan dalam training ini adalah dengan menggunakan metode statistik sederhana. Dalam metode ini selain menggunakan metode yang lama juga memasukkan data historis semua karyawan yang diolah dengan metode cluster evaluation yang menghasilkan pengelompokkan- pengelompokkan (cluster) dari grading system yang dibuat.  Dari clustering-clusteri ng inilah kemudian dibuat range grading atau leveling dari suatu jabatan. Dengan cara ini, proses pemaksaan pemasukkan jabatan kedalam kelompok-kelompok tertentu tidak akan terjadi. Metode ini sekaligus menvalidasi grading yang telah ada, sekaligus mengkoreksi grading yang lama.

Kelebihan lain metode ini adalah, karena metode clustering (statistik) ini sifatnya dinamis, maka kita bisa mereview sekaligus menvalidasi grading system dengan cepat setiap saat seiring dengan perubahan job description (job evaluation). Ini berarti kita juga dapat dengan cepat mereview sistem compensation & benefit diperusahaan. Karena sifatnya dinamis tersebut, maka metode statistik ini, akan mengikuti kondisi dilapangan sesuai dengan data yang tersedia dalam perusahaan sehingga fleksibel.

Disamping itu level golongan dari terendah sampai tertinggi akan terbentuk secara otomatis oleh sistem metode analisa yang ada, sehingga proses campur tangan dan bias dari penilai menjadi minimal (Sistem statistik yang akan memproses semuanya). Penilai yang bias dengan sendirinya akan tereliminasi dari data-data output statistik yang ada.

Outline Pelatihan How to Make Grading System and The Validation

Sesi I: 09.00 – 12.00
Grading System, Metode konvensional
Sesi II: 13.00 – 17.00
Grading System, Metode Statistik

 

Peserta

Peserta dapat diikuti oleh semua yang tertarik pada bidang ini. Selain itu juga dapat diikuti oleh semua yang ingin mengatahui dan mendalami tentang bidang ini.

Instruktur

Instruktur dalam Pelatihan dan Training ini akan dibawakan oleh seorang yang ahli dalam bidang ini.

Metode

1. Presentasi

2. Diskusi antar peserta

3. Studi kasus

4. Simulasi

5. Evaluasi

6. Konsultasi dengan instruktur

J

Jadwal Training Tahun 2017

 

09 – 11 Januari 2017

21 – 23 Februari 2017

29 – 31 Maret 2017

11 – 13 April 2017

08 – 10 Mei 2017

21 – 23 Mei 2017

19 – 21 Juni 2017

18 – 20 Juli 2017

08 – 10 Agustus 2017

24 – 26 September 2017

16 – 18 Oktober 2017

19 – 21 November 2017

10 – 12 Desember 2017

*Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta

Lokasi Pelatihan:
•    Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro (6.000.000 IDR / participant)
•    Jakarta, Hotel Amaris Tendean (6.500.000 IDR / participant)
•    Bandung, Hotel Golden Flower (6.500.000 IDR / participant)
•    Bali, Hotel Ibis Kuta (7.500.000 IDR / participant)
•    Surabaya, Hotel Amaris(6.00.000 IDR / participant)
•    Lombok, Hotel Jayakarta(7.500.000 IDR / participant)

Investasi Pelatihan tahun 2017 ini :
•    Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.
•    Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

J

Jogja Training

Jogja Training adalah portal informasi training di yogyakarta.

Tinggalkan Balasan