PELATIHAN Design, Simulation & Guidance Salary Structure Based 3P Concept : The Audit and The Validation

Pelatihan Design, Simulation & Guidance Salary Structure Based 3P Concept

Latar Belakang Pelatihan Design, Simulation & Guidance Salary Structure Based 3P Concept

Konsep 3P yakni Pay for Position, Pay for Person, Pay for Performance atau dalam istilah Bahasa Indonesia di kenal dengan konsep 3K yakni Karyawan, Kedudukan, dan Kinerja adalah konsep yang sudah diakui oleh banyak kalangan di seluruh dunia. Sehingga karenanya berbagai survey gaji dan bencmark mengacu kepada konsep tersebut. Masalah yang timbul dilapangan adalah karena kurang memahami bagaimana membuat, mengintegrasikan serta mengimplementasikan sistem tersebut. Banyak anggapan bahwa sistem tersebut rumit, susah dan butuh waktu yang lama dalam pembuatannya, padahal ada cara dan sistem yang bisa diaplikasikan secara cepat dan mudah. Dalam workshop ini, HRD Forum akan mengajarkan bagaimana menentukan strategi penggajian, apakah akan menerapkan sistem eksternal atau internal yang ujungnya adalah apakah diperlukan benchmarking terhadap survey gaji atau tidak serta keadilannya. Kemudian melakukan job evaluation, competency evaluation dan performance evaluation sehingga muncul point-point sebagai dasar pembuatan gaji berbasis 3P atau grading system dan job class-nya.

Di dalam worshop ini akan dipelajari trik untuk mengkonversi Time Series dari nilai Performance Appraisal menjadi bentuk nilai-nilai dalam competency base. Dan pada umumnya data tersebut pasti ada disemua perusahaan. Disamping itu juga diajarkan human asset worth register (human capital) yakni bagaimana merubah nilai orang kedalam dollar. Sistem ini lebih mudah dari sistem competency base sehingga bisa menggantikan competency base dalam sistem penggajian.

Pada model yang terakhir, peserta akan diajarkan bagaimana membuat sistem insentif dan bonus yang menantang, yang memacu produktifitas, yang membuat karyawan berusaha meraihnya mati-matian. Sistem yang digunakan adalah dari proses efesiensi, produktivitas dan dari hasil keuntungan perusahaan yang telah dianggarkan dan disepakati bersama.

Pada sesi terakhir, peserta akan diajarkan bagaimana mengaudit sistem penggajian yang ada, apakah sudah adil secara internal atau eksternal, apakah onpaid, overpaid atau underpaid. Dan bagaimana membuat sistem penggajian dengan kondisi seadanya dimana semua sistem tidak mendukung konsep 3P.
Dalam workshop ini peserta akan dibekali dengan software untuk mempercepat kerja anda secara sistematis sekaligus melakukan audit dan validasinya. Dalam software tersebut anda hanya diminta melakukan job evaluation, person evaluation dan performace evaluation, anggaran yang akan dipakai setelah itu masukkan hasilnya kedalam software, maka semua hasilnya akan keluar secara otomatis perindividu

Outline Training Design, Simulation & Guidance Salary Structure Based 3P Concept

Design, Simulation & Guidance Salary Structure Based 3P Concept

Hari I :
Strategi Compensation & Benefit,  Filosofi konsep 3P dan aplikasi praktisnya dilapangan, Membuat Job Evaluation (position), Membuat Grading System / Job Class: Berbagai versi yang diakui diseluruh dunia, Membuat Grading System / Job Class: Versi yang bisa dibongkar dan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, Konversi Grading System ke Rupiah/Dollar, Membuat Job Grouping, Progression Rate, minimum – maksimum, Q Low – Q High, Median, Banding & broadbanding, Simulasi dengan software versi cepat, Membuat Person Evaluation (Competency) , Competency Benchmarking, Konversi competency kedalam rupiah/dollar, Translating competency based into human capital management, Developing Human Asset Worth Register
Membuat Salary Prediction, Simulasi membuat struktur gaji dengan budget atau tanpa budget

Hari II :
Membuat Performance Evaluation, Membuat Performance Rating yang valid, Membuat merit increase, Membuat Promotion Adjustment, Membuat Market Adjustment, Membuat Balance Factor Adjustment agar seluruh perhitungan balance, Bonus & Insentif, Membuat Scanlon Plan, Membuat Improshare (Improvement Productivity Sharing), Membuat Racker Plan, Membuat Audit Salary Structure: Qualified, Need Improvement, Unqualified, Onpaid, Underpaid, overpaid, Salary Structure Clinic : Bagaimana mengimplementasikan konsep 3P dilapangan dan validasinya, Bagaimana melakukan validasi terhadap kondisi gaji yang ada, Mengembangkan sistem gaji yang telah ada menuju konsep 3P, Bagaimana membuat sistem gaji bila kondisi dilapangan belum memungkinkan konsep 3P diterapkan

Peserta

Peserta dapat diikuti oleh semua yang tertarik pada bidang ini. Selain itu juga dapat diikuti oleh semua yang ingin mengatahui dan mendalami tentang bidang ini.

Instruktur

Instruktur dalam Pelatihan dan Training ini akan dibawakan oleh seorang yang ahli dalam bidang ini.

Metode

1. Presentasi

2. Diskusi antar peserta

3. Studi kasus

4. Simulasi

5. Evaluasi

6. Konsultasi dengan instruktur

Jadwal Training Tahun 2017

 

09 – 11 Januari 2017

21 – 23 Februari 2017

29 – 31 Maret 2017

11 – 13 April 2017

08 – 10 Mei 2017

21 – 23 Mei 2017

19 – 21 Juni 2017

18 – 20 Juli 2017

08 – 10 Agustus 2017

24 – 26 September 2017

16 – 18 Oktober 2017

19 – 21 November 2017

10 – 12 Desember 2017

*Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta

Lokasi Pelatihan:
•    Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro (6.000.000 IDR / participant)
•    Jakarta, Hotel Amaris Tendean (6.500.000 IDR / participant)
•    Bandung, Hotel Golden Flower (6.500.000 IDR / participant)
•    Bali, Hotel Ibis Kuta (7.500.000 IDR / participant)
•    Surabaya, Hotel Amaris(6.00.000 IDR / participant)
•    Lombok, Hotel Jayakarta(7.500.000 IDR / participant)

Investasi Pelatihan tahun 2017 ini :
•    Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.
•    Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

🙂

Jogja Training

Jogja Training adalah portal informasi training di yogyakarta.

Tinggalkan Balasan