PELATIHAN Budaya Korporat Dan Efektifitas Media Kehumasan

TRAINING Budaya Korporat Dan Efektifitas Media Kehumasan

PELATIHAN Budaya Korporat Dan Efektifitas Media Kehumasan

Deskripsi PELATIHAN Budaya Korporat Dan Efektifitas Media Kehumasan :

PELATIHAN Budaya Korporat Dan Efektifitas Media KehumasanMengelola media kehumasan dan mengelola koran umum, selain memilikiperbedaan prinsip, ada pula persamaan prinsipnya. Jika media kehumasan diabdikan untuk membangun “kesalingpahaman” antara perusahaan dan stakeholdersnya (karyawan, pelanggan, mitra pemasok, dan stakeholders lainnya seperti dinas-dinas terkait, mitra aliansi hingga masyarakat luas) maka media massa umum berfungsi sebagai kontrol sosial. Pembangun “kesalingpahaman” Vs Kontrol Sosial.

Karena fungsi kontrol sosial ini maka kritik terbuka dalam media massa menjadi jamak dan daya tarikinti. Maka muncul pomeo Bad News(perselingkuhan, korupsi, perkosaan, penipuan) adalah is Good News. Itulah sebabnya di media umum orang bersikap kritik ya kritik bahkan hingga tahap “menelanjangi” sekalipun sering dilakukan.

Sebaliknya, di media kehumasan cara mengkritik harus “dikelola” sedemikian rupa, harus menghindari efek konfrontasi (frontal/berhadap-hadapanan) diantara para terlibat. Konflik bos dan karyawan, misalnya harus dikelola sedemikian rupa tanpa berdampak/membuat para pihak merasa terancam martabatnya. Nilai konflik harus dikelola sedemikian rupa hingga yang tersisa tinggal substansi masalahnya saja dan yang terpentingpenyelesaiannya.Dalam pome Jawa Kecekel lelenya ora buthek banyune.Menjaring ikan lele di kolam yang berlumpur, tanpa membuat keruh airnya.

Persamaan prinsipilnya, baik media kehumasan atau majalah/koran umum, harus sama-sama membangun integritas anggota redaksinya, sesuai kode etik, dan kebutuhan kompetensi serta Skala Prioritaspersoalan yang dihadapi perusahaan.

Alur penjelasan ini membawa konsekuensi bahwa para pengelola majalah internal perusahaan haruslah diposisikan sesuai dengan posisi dan tugas strategisnya. Jika Redaksi Majalah Internal di bawah tanggungjawab petugas PR, maka PR harus diletakan di dalam lingkaran para pemutus kebijakan. Bank Indonesia (BI) barangkali adalah satu-satunya organisasi yang meletakkan posisi PR diantara para Dewan Gubernur. Di banyak tempat, pada umumnya posisi itu masih harus direbut dengan perjuangan berdarah-darah. Dalam kaitan ini, para PR dapat menjadikan media internalnya untuk merebut posisi strategis PR sebagaimana terjadi di Bank Indonesia. Isu-isu yang tepat, memiliki sifat strategis dan mendesak yang dibuat PR lewat rubrik-rubriknya, dapat meningkatkan trust perusahaan kepada PR. Tapi baik di bawah kendali PR atau bukan, REDAKSI PENGELOLA majalah perusahaan harus bisa menjadikan majalah yang dikelolanya sebagai OPINIAN LEADER bagi kemajuan perusahaan. Untuk kedua tujuan inilah workshop ini diselenggarakan.

Tujuan PELATIHAN Budaya Korporat Dan Efektifitas Media Kehumasan :

1. Memberikan ketrampilan yang terukur pada peserta dalam mengelola “Media Internal” sesuai dengan fungsinya sebagai “media kehumasan” sesuai dengan Skala Prioritas permasalahan dan target-target perusahaan.
2. Memberikan ketrampilan melakukan fact finding sebagaimana disebut pada point 1 di atas secara profesional
3. Memberikan ketrampilan untuk memanfaatkan hasil fact finding sebagaimana disebut dalam point 2, untuk menyusun kluster rubrikasinya dan boks2nya
4. Merangsang kreatifitas peserta dalam menggunakan hasil point 1,2 dan 3 untuk menyusun kegiatan pelatihan, out bound, lomba-lomba tematik yang mengarah pada penguatan awareness dan membangun trust dg segenap karyawan kepada majalah internal yang dikelolanya
5. Memberi ketrampilan untuk mengelola faksi-faksi dalam perusahaan, baik yang nagaholic (suka menolak/resisten terhadap program perusahaan) maupun faksi yang pro aktif, untuk ditampilkan dalam majalah internal yang dikelolanya, dengan tujuan untuk mancairkan konflik yang ada.
6. Memberi ketrampilan dalam menggali dan membuat berita yang memiliki sugesti kuat bagi proses konsolidasi segenap manager dan karyawan
7. Memberi ketrampilan teknis dalam menyusun isu-isu terkonteks, dan dalam membuat formula LEAD BERITA media kehumasan yang menarik, menyugesti, benchmarking dan mengispiring bagi peserta

Peserta PELATIHAN Budaya Korporat Dan Efektifitas Media Kehumasan :

1. Manajer Senior, HRD,
2. R&D/Litbang, bagian Disain/Produksi, Kendali Mutu
3. Public Relations perusahaan
4. Para Pengelola Majalah Internal Perusahaan (Redaksi & Reporter)

Instructor

Herin Priyono

Jadwal Training Tahun 2018 di Jogja Media Training :

  • 13-15 Februari 2018
  • 27-29 Maret 2018
  • 10-12 April 2018
  • 7-9 Mei 2018
  • 17-19 Juli 2018
  • 14-16 Agustus 2018
  • 18-20 September 2018
  • 16-18 Oktober 2018
  • 21-23 November 2018
  • 26-28 Desember 2018

Catatan : Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta.

Lokasi Pelatihan di Jogja Media Training :

  • Jakarta : Hotel Amaris Tendean (6.500.000 IDR / participant)
  • Yogyakarta : Hotel Dafam Malioboro (6.000.000 IDR / participant)
  • Bandung : Hotel Golden Flower (6.500.000 IDR / participant)
  • Bali : Hotel Ibis Kuta (7.500.000 IDR / participant)
  • Lombok : Hotel Jayakarta(7.500.000 IDR / participant)

Investasi Pelatihan tahun 2018 ini :

  1. Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call).
  2. Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Catatan : Apabila perusahaan membutuhkan paket In House Training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas Training di Jogja Media Training :

  1. FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara/Stasiun/Terminal)
  2. FREE Akomodasi Peserta ke tempat pelatihan .
  3. Module / Handout
  4. FREE Flashdisk
  5. Sertifikat
  6. FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
  7. Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
  8. 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
  9. FREE Souvenir Exclusive
  10. Training room full AC and Multimedia

Jogja Training

Jogja Training adalah portal informasi training di yogyakarta.