Pelatihan ACCOUNTING FOR CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY)

Pelatihan ACCOUNTING FOR CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY)

Training ACCOUNTING FOR CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY)

ACCOUNTING FOR CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY)

DESKRIPSI
Corporate Social Responsibility (CSR) adalah segala bentuk kegiatan yang bermanfaat bagi para pihak yang memiliki kepentingan (stakeholder), seperti karyawan, masyarakat, pemerintah, pelanggan termasuk lingkungan. Contohnya melakukan penanaman pohon/penghijauan, memberikan donasi, beasiswa, pengobatan gratis, dan sebagainya.
Pada tahun 2007, Pemerintah mengesahkan Undang-Undang Perseroan Terbatas (PT) No 40 yang mengatur tentang kewajiban perusahaan untuk melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) dan mengungkapkannya di dalam laporan tahunan yang diterbitkan. Selain itu, pemerintah telah mengesahkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 40 tahun 2012 tentang sanksi pelaksanaan TJSL. Hal ini menunjukkan keseriusan pemerintah mengatasi kerusakana lingkungan yang terjadi saat ini.
Namun pada praktiknya, banyak perusahaan yang melakukan sesuai persepsi masing-masing. Hal ini terjadi karena belum adanya standar yang mengatur pelaksanaannya. Di sejumlah negara maju seperti Australia, Inggris, Swedia, juga belum memiliki standar sendiri sesuai kondisi negara masing-masing. Namun perusahaan yang ada di negara tersebut sudah melakukan aktivitas TJSL-nya secara terencana serta diungkapkan dalam laporan yang diterbitkan per tahunnya. Sehingga masyarakat bisa melihat dan menilai pelaksanaannya.
Pertanyaaan berikutnya adalah  apakah pedoman yang digunakan untuk melaksanakan aktivitas CSR-nya? Pedoman yang digunakan adalah Guideline Reporting Initiative (GRI) yang mulai diluncurkan sejak tahun 1999. Hingga saat ini ada ribuan perusahaan dari berbagai negara yang telah menggunakan pedoman ini untuk aktivitas CSR-nya. Berdasarkan pedoman GRI, sebetulnya aktivitas CSR bukan kegiatan yang mudah dan murah untuk dilakukan. Butuh perencanaan serta perhitungan yang matang untuk melakukannya.
Salah satu pihak yang dapat memainkan peran penting dalam perusahaan adalah akuntan. Kegiatan CSR menjadi bagian terencana dari proses perhitungan pendapatan, biaya operasional, juga profit perusahaan, sehingga secara bertahap, kegiatan CSR terus dilakukan dari tahun ke tahun dalam rangka perbaikan proses internal bisnis perusahaan. Alasan lain yang tidak kalah penting adalah pelaporan merupakan salah satu tugas penting dari seorang akuntan.
Akuntan diharapkan mampu membuat laporan CSR sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pihak stakeholder. Laporan ini diharapkan sebagai media komunikasi yang mampu menjembatani berbagai kepentingan.

Outline Materi:
1.    Pengantar CSR dalam konteks Akuntansi (definisi CSR, prinsip-prinsip CSR, dasar hukum CSR, konsep Triple Bottom Line, yaitu: Profit, People, Planet; pentingnya Akuntansi dalam aktivitas CSR).
2.    Standard Akuntansi untuk CSR: pengakuan, penilaian, pengukuran, pelaporan.
3.    Pengakuan CSR: pengakuan Akuntansi berdasarkan PSAK No. 33
4.    Pengukuran CSR: pengukuran dan pencatatan terhadap dampak yang timbul dari hubungan antara perusahaan dengan pelanggan atau konsumen produk, termasuk tingkat kesulitan pengukuran biaya lingkungan, seperti: conventional costs, potentially hidden cost, contingent cost, relationship costs, and societal costs.
5.    Penilaian CSR dalam bentuk neraca rugi laba standard, yang di dalamnya tercakup biaya konvensional, berpotensi tersembunyi, biaya tergantung dan biaya image & relationship.
6.    Penyajian CSR: merupakan pengakuan sosial pengungkapan sosial yang merupakan  suatu pelaporan atau penyampaian informasi kepada stakeholders mengenai segala aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan lingkungan sosialnya, antara lain: ramalan keuangan, kebijakan akuntansi, perubahan akuntansi, dan pengungkapan peristiwa pasca laporan.
7.    Transformasi Akuntansi menuju Akuntansi yang berkelanjutan: beberapa issue krusial, green business & green accounting, transformasi menuju sustainability accounting.
8.    Diskusi dan tanya jawab.

PESERTA
Accounting Manager, Accounting Staff, CSR Manager & CSR Staff, Peminat lainnya yang dapat membantu memperlancar pelaksanaan tugas sehari-hari

METODE
    Presentasi
    Diskusi
    Case Study
    Simulasi
    Evaluasi

Tim Instruktur:
Alex Murtin, SE, M Si, Akt/Imam Bintoro, SE MSFIN/Drs. Achmad Tjahjono, MM, Akt/Ichsan Setiyo B, SE, M Sc, Akt dan Team
(Pakar dalam bidang akuntansi dan keuangan, perbankan, akademisi dan sekaligus praktisi, yang telah berpengalaman dalam memberikan training & consulting pada organisasi/perusahaan milik pemerintah maupun swasta).

WAKTU DAN TEMPAT

Jadwal Training Tahun 2017

 

09 – 11 Januari 2017

21 – 23 Februari 2017

29 – 31 Maret 2017

11 – 13 April 2017

08 – 10 Mei 2017

21 – 23 Mei 2017

19 – 21 Juni 2017

18 – 20 Juli 2017

08 – 10 Agustus 2017

24 – 26 September 2017

16 – 18 Oktober 2017

19 – 21 November 2017

10 – 12 Desember 2017

*Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta

Lokasi Pelatihan:
•    Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro (6.000.000 IDR / participant)
•    Jakarta, Hotel Amaris Tendean (6.500.000 IDR / participant)
•    Bandung, Hotel Golden Flower (6.500.000 IDR / participant)
•    Bali, Hotel Ibis Kuta (7.500.000 IDR / participant)
•    Surabaya, Hotel Amaris(6.00.000 IDR / participant)
•    Lombok, Hotel Jayakarta(7.500.000 IDR / participant)

Investasi Pelatihan tahun 2017 ini :
•    Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.
•    Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

🙂

Jogja Training

Jogja Training adalah portal informasi training di yogyakarta.